Tuesday, January 8, 2008

Timphan & Mie Aceh

Inilah enaknya punya kakak yang punya rumah makan. Tiap kali mampir kesana kita bisa nyicipin segala jenis masakan dan cemilan yang ada disana.
Timphan dan mie Aceh ini adalah 2 jenis makanan khas Aceh yang disukai keluargaku diantara banyak jenis masakan lain yang kami suka juga.
Timphan, cemilan yang satu ini ukurannya kecil , rasanya kenyel2 dan bikin penasaran. Pokoknya makan satu nggak akan cukup deh..
Bikinnya agak ribet, apalagi bungkusnya harus pake daun muda.. susah nyarinya. Aku lebih suka makannya daripada bikinnya.. hehe, dasar pemalas.
Banyak juga orang awam yang bukan asli Aceh nggak kenal apa itu timphan. Tapi kalo udah nyicipin, kebanyakan pada ketagihan. Timphan ini nggak tahan lama soalnya bikinnya pake santen & telor jadi gampang basi. Tapi karena enak, kalo lagi ngumpul keluarga, bawa 100 bijipun dalam itungan menit biasanya langsung ludes deh...
Mie Aceh, rasanya beda dengan mie yang biasa.. agak pedes dan rempah2 kerasa banget. Pokoknya mantep deh.. Di Jakarta udah banyak rumah makan Aceh yang jual mie Aceh ini.
Waktu HMFF milis NCC tahun lalu aku bawa timphan dan mbak Nana yang aku ajak untuk datang bawa mie Aceh. (Padahal dua2nya dari Seulawah sih...)
Resep Timphan bisa dilihat disini ya..

Gambar atas: Setumpuk timphan diantara makanan lain di HMFF NCC tahun 2007.

1 comment:

Anonymous said...

www.timphan.co.cc