Thursday, May 29, 2008

Tantangan KBB #5 : Banoffee Pies


Tantangan KBB kali ini aku ngerjainnya rada mepet2 ke deadline. Rada parno juga, soalnya waktu nanya ke temen2 semua udah pada bikin. Tapi aku jadi bisa nanya2 ke temen yang udah bikin sih, biar nggak gagal.. kalo gagal gawat, takut nggak ada waktu buat ngulang lagi.
Sorry ya ibu host, bulan Mei ini lagi banyak banget urusan yang harus diselesaikan nih... jadi urusan baking rada keteteran. Tapi aku tetap nggak mau absen di tantangan ini. Soalnya, selain udah jadi tanggung jawab aku sebagai KBBers, juga pie adalah salah satu makanan favorit keluargaku. Kalo biasanya yang aku bikin adalah fruit pie, siapa tau Banoffee Pie juga akan jadi favorit keluargaku. Resep dan proses pembuatannya juga agak berbeda dengan pie yang biasa aku bikin.. tantangan baru nih..
Kali ini yang jadi host adalah Vin dan Santi.

Lucunya lagi, untuk nyelesaiin Pie ini aku butuh waktu sampe 4 hari! Bener2 rekor deh.. bukannya gagal, tapi karena sok sibuk itu jadi selama proses si pie beberapa kali harus ditinggal dan diinepin di kulkas.

Dimulai dengan ngumpulin bahan. Karena banyak kesibukan, 2 hari kemudian baru bisa mulai ngerjain. Untung pisangnya nggak keburu busuk..
Mulailah dengan nimbang2 dan ngukur2 bahan.

Ini bahan2 untuk bikin kulit pastry.
Ada terigu & butter, gula pasir, kuning telur & air.

Lalu bikin pastry-nya. Nggak punya Food Processor, jadi aku pake ujung2 jari aja.. adonannya mawur.. dikumpulin jadi satu, ditutup plastic wrap, masukin kulkas. Agak nggak teliti baca prosesnya.. harusnya khan dibentuk bola, dibungkus plastik..
Sesudah itu, aku harus nganter anakku les. Jadi adonan disimpan di kulkas bukan 30 menit tapi berjam-jam.. waktu aku keluarin dari kulkas, si adonan udah mengeras. Jadi aku diemin dulu di suhu ruang. Sesudah nggak keras lagi, aku giling. Terus, diukur, lebih besar dari lingkaran loyang pie, dipotong bulat (nggak terlalu bulat juga sih), dicetak ke loyang. Lalu ditrim dan ditusuk2 pake garpu. Karena loyangku kecil, jadi sisa adonannya masih banyak. Aku masukin aja sisanya ke cetakan alu foil yang kecil2. Dapet 8 cups. Udah itu, aku simpan lagi di kulkas. Karena udah malem, jadi adonan yang udah dicetak aku inepin aja semalam.
Besoknya, sesudah nganter anakku, adonan yang udah dicetak aku keluarin dari kulkas. Dibiarin dulu di suhu ruang. Lalu di blind bake alias dikasih kacang ijo yang dialasi kertas roti, biar kalo dioven nggak menggembung. Cetakan yang kecil nggak usah di blind bake, cukup ditusuk2 pake garpu aja. Lalu dioven 15 menit. Kacang ijo dikeluarin, oven lagi 10 menit sampai kecoklatan.

Untuk fillingnya, bahannya mentega dan brown sugar (karena nggak punya brown sugar, jadi aku pake gula palem), dididihkan. Angkat. Lalu ditambahkan susu kental dan susu cair. Masak lagi dan didinginkan.
Pisang ditata dulu di dasar pie (fotonya nggak ke save euy.. batere kamera pas habis). Aku pake pisang ambon lumut. Pisangnya enak, manis tapi kecil2.. makanya aku motongnya serong.
Lalu disiram filling. Simpan di kulkas lagi. Harusnya disimpan 2 jam, tapi lagi2 karena ada urusan, jadi aku simpan semalaman..

Untuk toppingnya, whipped cream dikocok, disemprotkan ke atas pie.
Hias dengan WCC & DCC yang diserut. Taburi coklat bubuk..
Hasil akhirnya seperti ini.

Ini yang kecil..
Alhamdulillah.. akhirnya selesai juga.
Dan, ini tanda lulusnya..

Sampai ketemu lagi di Tantangan KBB #6.. mudah2an nanti nggak mepet lagi ngerjainnya.

27 comments:

Anonymous said...

Aduh...itu yg kecil pienya, imut2 sekali :)

~Atiek~ said...

Iya, pas buat satu orang.
Makasih udah mampir ya..

Anonymous said...

kl aku keruamh sekarang masih kebagian gak hahahahah

~Atiek~ said...

Masih ada Da.. tapi harus malam ini juga ya.. hehe..

mae said...

mbak Atiek, disini toh banopinya, pantesan ga nemu di MP...

Ih imut banget sih banopinya, kalo aku kbagian gak yaaa.... ?

~Atiek~ said...

Iya Mae.. untuk urusan dapur rumahnya beda. Habis, kasihan udah bikin rumah kalo nggak diisi. Nanti aku link deh dari MP, biar nggak pada nyariin.
Kejauhan Mae, ntar kalo dikirim bisa ancur di jalan.. lagian, Mae khan udah bikin sendiri.. malahan lebih bagus dari punyaku..
Makasih udah nengokin ya..

Anonymous said...

Cantik banopinya...Itu fillingnya coklat banget...

~Atiek~ said...

Makasih Nas.. iya, soalnya aku pake palm suiker. Jadinya coklat banget.

gunaind said...

Wah..., yang kecil imut dan cantik sekali lo..
saya naksir..:-)

Dita said...

toppingnya pake serutan coklat gitu, menggiurkan sekali :). Selamat ya uda lulus tantangan :)

~Atiek~ said...

Makasih ya..

Topping serutan coklat itu paling gampang bikinnya. Maklum, dikejar deadline jadi cari yang gampang aja. Makasih Dita.

A. Ann said...

Cantik sekali Mba Atiek. Btw kitchen-nya bersih banget ya..so neat hehehe..salam KBB Mba:-)

~Atiek~ said...

Makasih Anne..
Kitchennya dibersihin dulu soalnya mau difoto..
Tapi kalo sehari2 sih suka berantakan juga..

Anonymous said...

Selamat ya mbak, sptnya tantangan kali ini, dijalani dgn muluuuusss...cantik banoffeenya.

~Atiek~ said...

Alhamdulillah.. makasih Rachmah.
Sebetulnya ada yang kurang sukses juga, kulitnya terlalu tebal. Tapi anak2 tetap suka sih..

Anonymous said...

cantikk deh banopinya..mba, banopi yg loyang gede gmn cara ngeluarinya? alasnya ga bisa dilepas khan?

Anonymous said...

hebat perjuangannya berhari2 nih mba
sukses euy!!

Vera said...

Wah, kalo bisa ngerjain ampe berhari2 gitu mah atuh bukan mepet mbak tapi persiapan mantap! he he... pie-nya keren, ngetrim-nya rapiii...

Yuli P. Digdo said...

mbak atiek ... naksir loyang pie-nya ... hihihihihi, pinjem dung :D

Rita Sella said...

.. jadi inget, loyangnya kayak punyaku, kangen pengen dicoba, soalnya dah masuk kabinet yg paling dalam, lama gak diperbudak hehee....
bonowatinya cakep, pakek serutan soklat

Retno Prihadana said...

Ini juga cantik banopinya:)

~Atiek~ said...

Rosmi:
Nggak dikeluarin say, itu khan dari keramik.. bukan bongkar pasang. Jadi pienya langsung dipotong2 di loyang. Habis kl kulitnya dikeluarin takut hancur..

Molly:
Iya nih Mol, makanya rada reshe nanya2 yang udah bikin, biar nggak gagal. Soalnya udah meffeet, nggak bisa ngulang..

Vera:
Tadinya maunya nggak mepet, tapi karena nggak selesai2, sementara punya temen2 udah pada di publish. Padahal aku belum bikin laporannya. Jadi parno sendiri deh..

Bunda Nadine:
Boleh say.. kesini atuh ya. Nanti ngembaliinnya harus diisi si banowati ya.. hihihi..

Rita:
Wah, sayang bener Rit.. buat aku aja deh.. aku suka pake ini, soalnya buat disajikan di meja udah cantik..

Retno:
Makasih ya.. Punya Retno juga cantik khan..

Sofie said...

mba Atiekk...
yang kecil2 masih ada ngga??? :D
Menggiurkan banget dehh..

~Atiek~ said...

Habis Sof..
Justru yang kecil yang diserbu duluan sama anak2..

Anonymous said...

makasih ya udah mampir ke blogku...pie mu cantik juga.

Anonymous said...

hualoo...ogut mampir nih..gue pake yg blogger id gue.
bagus juga hasilnya.kayaknya kali ini semuanya bagus2 hasilnya..hehe

~Atiek~ said...

Eliza: makasih juga ya udah nengokin kesini...

Foni: Iya, bagus2 semua ya.. KBBers dah pada pinter2..