Sunday, March 30, 2008

Tantangan KBB #4 : Chocolate Swirl Meringue


Untuk tantangan KBB kali ini, yang digawangi Susi & Yohana, bener2 menantang. Yaitu bikin Meringue alias Mereng!
Masalahnya, seumur2 baru sekali aku bikin si mereng ini, duluu.. banget waktu aku belum belajar baking. Ceritanya karena aku doyan banget sama yang namanya schuimpjes, yang masih keluarganya mereng. Sekali-sekali pengen juga aku nyoba bikin sendiri. Jadi waktu nemu resepnya (entah dari majalah Gadis atau Femina.. aku lupa) aku langsung praktekin.. singkat cerita, karena emang belum bisa baking, hasilnya si schuimpjes mbleber rata se loyang dan nempel semua di loyang. Haha.. habis itu aku kapok..pok.. nggak mau bikin lagi.
Kali ini, namanya juga tantangan, aku harus berani nyoba dong.
Dimulai dengan nyiapin bahan. Nggak banyak sih bahannya dan mudah didapat pulak. Ada putih telur, gula putih yang diblender sebentar.. hasilnya nggak terlalu halus (di resep pake gula kastor), tepung maizena dan coklat bubuk. Aku bikinnya cuma ½ resep.

Nyalain oven, suhunya 120C. Karena suhu minimal di oven 125derajat, jadi aku puter sedikit dibawah 125.
Lalu masak air di panci. Siapin mangkuk tahan panas. Mangkuknya gede banget nih, habis yang kecil terlalu cekung jadi kalo ditangkringin di atas panci pantatnya nyentuh air.. gak apalah, ngaduknya khan jadi leluasa.. Masukin putih telur & gula ke mangkuk, tumpangin ke atas panci berisi air mendidih sambil diaduk2 sampai gula larut kayak gini.

Terus dimixer sampai putih, kental dan mengkilap seperti ini.

Masukin maizenanya, aduk, lalu ayak coklat bubuk. Nggak pake diaduk lagi biar efek swirl coklatnya keliatan, sebagian langsung aku masukin plastik segitiga, dipotong ujung plastik, semprot ke loyang yang dialasi kertas roti. Karena motong ujung plastiknya terlalu kecil, jadinya unyil2 banget, kira2 diameter 3cm.. gak apa2 ya, maksudku biar makannya gampang. Sebagian lagi aku sendokin, masing2 sebanyak 3 sendok ditumpuk.. tapi jadinya berantakan, coklatnya bertaburan..
Besoknya nyoba bikin ½ resep lagi, dispuit agak gede jadinya 5 buah (yang kefoto cuma 4 buah)

Terus dioven 1 jam 15 menit sesuai resep. Yang kecil2 aku taruh rak bawah, yang gede aku taruh di rak atas.
Setelah 1 jam 15 menit, alhamdulillah.. sukses. Langsung jadi. Merengnya nggak terlalu berubah dari bentuk awal sebelum dioven. Swirlnya keliatan.. eh, sukses itu menurutku lho. Nggak tau nih menurut temen2 lain..
Untuk percobaan kedua, waktu dioven 1 jam 15 menit hasilnya masih lembek. Jadi aku tambahin ½ jam lagi. Hasilnya, sukses juga sih, tapi atasnya agak retak2.. Nggak tau kenapa, apa karena putih telurnya nggak disimpen di kulkas gitu? Soalnya putih telurnya memang sisa yang kemarin. (difoto, percobaan kedua fotonya yang backgroundnya merah.. warna fotonya lebih pucet, dipotretnya malem sih..)

Bikin mereng udah, tapi mau bikin topping koq ya nggak sempet2.. adaaa aja halangannya. Nggak usah disebutin ah halangannya apa, ntar dibilang banyak alasan lagi.. hehe..
Akhirnya pake sistem sks juga nih..
Kebetulan aku habis beli strawberry, jadi topping aku mau bikin mousse strawberry. Masih cocok khan, coklat dicampur strawberry. Bahannya aku pake yang ada di rumah juga. Karena kehabisan stock cream cheese, jadi aku bikin krimcis2an. Dari cheddar parut yang dipanasin pake susu cair, aduk2. Sesudah dingin dimixer sama gula pasir sampai gula larut, lalu dikasih larutan gelatin. Baru deh campurin ke cream kocok. Tambahin selai strawberry. Aduk asal aja biar tekstur selainya keliatan. Tambahin potongan strawberry segar. Tuang ke atas mereng. Adonannya agak encer euy.. kayaknya sih karena aku pake krimcis2an deh.. nggak apa deh, jadinya malah eksotis (istilah anakku nih..) ada efek melelehnya..
Alhamdulillah selesai sudah tugasku..

Cumaa... sayangnya nih.. dari banyak foto hasil akhir yang aku buat, semuanya koq ya burem.. huhuhu.. motretnya malem sih.. foto yang terakhir aja nih yang hasilnya agak lumayan.. ini mereng yang nggak di spuit tapi yang disendokin. Makanya merengnya berantakan.
Dari sini aku dapet 2 pelajaran, pertama.. kalo ngerjain tugas jangan mepet2 waktu, kedua..
habis ini kayaknya aku musti berguru lagi nih, biar motretnya bisa lebih canggih lagi..

Daaan.. aku dinyatakan LULUS! karena udah berhasil menaklukkan meringue.
Horee....!!


OK deh.. Sampai ketemu di tantangan KBB #5.

16 comments:

mindy said...

kebayang enaknya mBa pake stroberi.

Arfi Binsted said...

mak, minta merengnya maaaaaaaaaak! makasih udah posting tepat waktu, tiek! good job on the mereng!

ab

yohana said...

mbak atiek.... bener kata anaknya.....jadi eksotis, hehhehehehe
terimakasih ya dah berusaha keras ikutan laporan

ezza said...

benr kata mindy..
kebayang deh segernya disantap bareng stroberi..

sukses bikinnya nih..

~Atiek~ said...

Mindy, Arfi, Yohana, Ezza..
Makasiih banget ya udah mampir dan kasih komen. Iya bener enak & seger banget makan pake cream & stroberi yang masih seger2.. FYI, tiap selesai motret, anak2 langsung menyerbu dan siap menyantap. Dan ini adalah mereng ke 4 yang lagi ditungguin anak2ku.. (yang lain fotonya burem euy..)

Widya Hidayat said...

Strawberry dari Lembang ya mba....
Salam KBB ^_^

Sofie said...

mba atiek...
rasanya spt apa nih si mereng dicolekin ke krimcis2an? enak kali yaahh.. *bagi donkkkk...:D*

~Atiek~ said...

Widya..
Betul Wid, stroberinya aku beli waktu wiskul bareng OKers sabtu lalu. Guede2 dan ranum2 deh.. Makasih udah mampir ya.

Sofie..
Rasanya uenak tenaan.. kata suamiku lho.. dia doyan banget. Soalnya merengnya khan udah manis, dipadu sama asinnya keju jadi mak nyus.. hehe.. Bagi? ah, malu aku.. bikinan Sofie khan selalu okeh punya..

ienas said...

Mbak..sama dong kayak aku, meringuen-nya dihias strawberry..Bedanya, anak2ku gak ada yang mau: mereka gak suka buah dan meringue-nya terlalu manis, hehehe..

Salam kenal ya Mbak...

Ayu said...

Mbak Atiek, namapak suegerrr meringuenya pake krimcis dan strawberry.. :9

~Atiek~ said...

Ienas, salam kenal juga ya.. Meringue-nya memang manis tapi punyaku khan dikucuri mousse yang keenceran, jadi rasanya seger. Anak2 suka banget.

Ayu, memang seger lho.. rasanya nano2 deh.. ada manis, asem, asin, gurih..

mae said...

Wah punyaku ga sempet ditopping, bagi dong stroberinya :) sueger kali ya makan mereng sama stroberi :)

santi said...

wah... nyam.. nyam.. tampak uenaaaak...

~Atiek~ said...

Mae, kenapa nggak sempet di topping? Sibuk ya.. Seger Mae kalo dimakan pake cream stroberi..

Santi.. beneran uenak tenaan.. hehe..

elsye said...

cantikkk mbak, meringuenya...sukseeesss...:D

~Atiek~ said...

Makasih Elsye, tapi punyamu juga cakep banget lho..