Wednesday, July 30, 2008

KBB #6 Cheese Biscuits

Tantangan KBB #6 dengan tema 'Cheese Biscuits' ini proses pembuatannya cukup cepat dan mudah. Tapii... koq aku tetep aja ngerjainnya dah deket2 deadline ya... Gak mau bikin alasan sok sibuk ah.. soalnya banyak ibu2 yang pastinya jauh lebih sibuk dari aku masih bisa koq nyempetin waktu untuk nyelesaiin peer ini.. Cuma, kebetulan memang aku ada kesempatan buat ngerjain PR ini baru bisa minggu2 ini.. Sorry ya ibu2 host yang baik hati.. Regina & Swi.. aku jadi bikin repot kalian nih..

Untuk bahan2nya, aku siapkan seperti foto dibawah ini:

1. Keju tua parut (aku pake parmesan cheese, edam dah beli tapi nggak dipake2 keburu bulukan.. jadi penghuni tempat sampah deh..)

2. Mentega (aku pake unsalted butter)

3. Terigu

4. Bahan pelengkap (wijen hitam, wijen putih, cabe bubuk sebagai pengganti cayenne pepper dan kacang mede).
Proses pembuatannya: keju, terigu, mentega, cabe bubuk dicampur menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan menyatu membentuk gumpalan.
Sementara itu kacang mede aku oven dulu 10 menit.. (jadinya agak2 gosyong euy..!)

Untuk proses selanjutnya, aku dibantu sama anak2ku, abang & ade..
Prosesnya sebagai berikut:
Adonan dibulatkan kecil-kecil. Gulingkan bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang yang telah dioles mentega dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang. Sengaja aku pake 2 macam wijen, hitam dan putih, biar ada variasi warna. Nah, yang aku agak kurang teliti, harusnya nggak semua adonan digulingkan ke wijen karena sebagian ada yang mau pake kacang mede yang tadinya mau dicincang. Tapi karena anak2ku penuh semangat ngeguling2in semua adonan ke wijen, akhirnya kacang mede aku belah 2, terus anak2 yang nempelin ke atas adonan dengan sedikit ditekan.. soalnya kalo adonan udah ada wijennya susah buat nempelin kacang medenya..
Foto dibawah: adonan sesudah dicampur, dan adonan yang siap masuk oven, hasil karya abang dan ade..
Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit. Selama dipanggang, aroma kejunya udah menggoda bangeet..

Hasilnya? Rasa keju dipadukan dengan pedes2nya cabe bubuk memberi sensasi tersendiri.. hehe.. Yang pasti.. uenaak tenaaan..
Penampakan hasilnya seperti foto dibawah ini.. Alhamdulillah, lulus lagi... ini tanda lulusnya..

Sampe ketemu di tantangan KBB #7 ya..

16 comments:

Unknown said...

wah assorted biscuits!! well done!

Sofie said...

mba atiekkk....
mau nyoba donkk.. pasti enak yah?
ngeces nih ngeliatnya. Sy absen nih dari pe-er #7 :(

Anonymous said...

waaaaa mbaaa itu yg pake wijen item cuantiikk bgt..ada metenya lage..enyak bgt pastinya

sukses ya mba atiek..

A. Ann said...

Wuihhh mantep bangett nih..bagi dong Mba Atiek..

Rita said...

Mbak nyicipin cheese biscuitnya yah.... sukses yah

~Atiek~ said...

Arfi..
Iya nih, assorted.. biar gak bosen liatnya.
Makasih ya..

Sofie..
Masih sibuk urusan di tempat yang baru ya say.. mudh2an cepet beres & bisa baking lagi.
Boleh kalo mau nyicipin.. kesini ya..

Ven..
Makasih Ven, iya nih.. dari awal aku memang dah niat mau pake wijen item, biar beda.. ditambah kacang mede tambah enak deh..

Anne..
Boleh.. boleh.. Ne. Ini masih ada beberapa biji. Kesini ya, kita nikmati bersama secangkir teh. hehe.. Punya Anne juga TPO bgt..!

Rita...
Boleh Rit, kita saling mencicipi yuk.. makasih ya..

Sheila said...

qiqiqiq...ternyata nggak cuman aku aja ya yg ngirim pe-er-nya mepet :D. Aku salut banget, cisbis-nya bisa beraneka ragam gitu.

Anonymous said...

seems very delicious

~Atiek~ said...

Sheila:
Iya nih.. padahal waktu habis ngerjain KBB #5 udah niat nggak mau mepet ngerjain PRnya. Tapi apa daya, ternyata belum bisa..
Makasih ya Sheila.. kreasi anak2 tuh..

~Atiek~ said...

Fini (theloebizz):
Makasih ya.. emang delicious koq..
Oya, selamat menempuh hidup baru ya..

Anonymous said...

wah, macam2 toppingnya..kayak punyaku juga...tp cantikan yg ini:p

Anonymous said...

yg pake mede enak kyknya

yohana said...

mbak atiek...jadinya keren....aku comot ya...soalnya udah bosen makan punyaku yang gosong....masih ada tuh sampai sekarang, hiks.......

kartika (bibien) said...

akhirnya ketemu juga dweh.... cisbisc nya mau tuw yang pakek wijen item.... terbayang2 deh enaknya...

Anonymous said...

wah...banyak modelnya, cantik en maknyus pastinya :)

~Atiek~ said...

Ienas:
Ih, punya Ienas juga cantik koq.. lebih banyak macamnya..

Foni:
Iya, emang enak Fon.. medenya nemplok di atas wijen, jadi waktu diangkat banyak yang lepas..

Yohana:
Boleh..boleh.. tukeran aja atuh..

Kartika:
Hehe..ngumpet ya si cizbiznya..
Rasanya sih sama aja, yang item sama yang putih.. biar ada variasi aja..

Ziita:
Makasih Zit.. punya ZIta juga maknyuus khan..