Saturday, September 27, 2008

KBB#7 - Ultah KBB Warna-warni: OREO CREAM CAKE

H A P P Y B I R T H D A Y....!!
Ya, bulan ini KBB ulang tahun.. alhamdulillah.. nggak kerasa ya udah setahun umurnya. Dan nggak kerasa juga sekarang udah masuk ke tantangan ke 7. Banyak sekali yang udah aku dapatkan sesudah gabung dengan milis KBB ini. Aku jadi nambah banyak temen dan sodara di seantero jagad, lebih berani menerima tantangan untuk baking, dapat banyak ilmu tambahan di dunia baking dan fotografi, dan banyak lagi..
Di akhir Agustus lalu, aku terima email.. surcin alias surat cinta dari Host KBB ke 7 ini, Arfi & Dewi Oni. Isinya, tentang tantangan KBB #7, yang kali ini special karena ultah..
Wah, seru nih.. ada temanya, Ultah KBB Warna-warni.. tuh, liat aja logonya diatas.. warna-warni khan.. dan yang lebih seru lagi ada lombanya lho.. coba deh intip kesini ya..
Udah ngintipnya? Seru khan.. ada 3 lomba nih..
Lomba Masak, Lomba Baking, Lomba Food Photography
Tadinya mau ikut semuanya, tapi sesudah dipikir lagi.. berpikir yang lebih realistis..hehe.. supaya nggak keteteran, berhubung bulan puasa pasti kesibukan bakalan bertumpuk.. akhirnya aku ikut 2 aja, lomba baking & lomba FP. Lagian, tau dirilah.. aku nggak jago2 amat masak.. ntar malah bingung sendiri karena memang nggak punya masakan andalan, bisanya nyontek resep doang.. hihihi.. Lomba FP juga sebetulnya kurang pede sih.. secara gw juga nggak jago2 amat motret.. tapi ikut aja deh, buat ngeramein. Biar jadi tambah semangat motret..
Bener juga khan, menjelang deadline gini baru sempet ngerjain PRnya.. meskipun tertunda karena berbagai kesibukan, aku tetep nggak mau absen. Apalagi udah daftar.. harus konsekuen dong..
Untuk lomba baking, kebetulan nih.. waktu beli tabloid Saji edisi 133 (sengaja aku beli karena ada artikel tentang Launching buku Inong almh.), ada bonus resep cake-cake besar. Cakenya asyik2 semua.. pengen nyobain semuanya deh..
Karena bulan ini anakku, si abank, ultah juga.. jadi cakenya nanti untuk ultah KBB dan ultah abank. Aku minta abank yang milih cake mana yang harus aku bikin. Pilihannya jatuh ke resep "Oreo Cream Cake". Siip deh. Kayaknya bikinnya nggak terlalu ribet, sponge cake pake cream yang dicampur biskuit Oreo.
Biskuit Oreo ini memang nggak cuma enak dimakan begitu aja, tapi ternyata juga enak buat dibikin cake & juga milk shake lho..
Masalah lain muncul.. sekarang ini lagi heboh2nya berita tentang susu bermelamine yang diimport dari Cina itu, dan menurut BBPOM (Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan) salah satu makanan yang mengandung susu bermelamine itu adalah OREO.. alamaak.. gimana nih..?
Alhasil, semua produk yang katanya mengandung susu dari Cina itu harus ditarik dari peredaran.Truz, aku baca koran Jum'at pagi, sehari sesudah berita menghebohkan itu muncul, ada sanggahan dari pihak Oreo bahwa produk Oreo tidak pernah menggunakan susu yang diimport dari Cina..Tapiii.. meskipun udah ada sanggahan tetep aja masih susah nyari Oreo.. masih pada diumpetin di gudang.. belum pada berani ngeluarin sampe ada surat resmi dari BBPOM. Weleh.. meuni reffoot.. Eh.. di koran Minggu muncul lagi berita kalo Oreo termasuk satu dari 6 produk yang positif mengandung melamine.
Sebetulnya yang dicurigai mengandung melamine adalah produk2 import dengan kode produksi ML. Sementara untuk kode produksi MD masih boleh dipasarkan.. Tapi karena nggak mau repot, banyak swalayan yang menarik semua produk yang dilarang beredar itu..

Tadinya mau ganti resep lain, tapi abank nggak mau.. tetep mau yang ini..
Ya sutralah, tak ada rotan akarpun jadi.. nggak ada oreo pake biskuit lain juga no problemo.. Akhirnya aku pake 'Biskuat' yang coklat. Judulnya nggak aku ganti karena resep ini memang lebih afdol kalo pake biskuit Oreo, kebetulan aja ada kasus jadi aku ganti biskuitnya.
Tadinya mau ganti resep lain, tapi abank nggak mau.. tetep mau yang ini.. OK deh.
Resepnya bisa diliat disini ya..
Langkah pertama, persiapan bahan:
Bahan 1: ada telur, gula pasir & emulsifier.
Bahan 2: Margarine cair & campuran terigu, coklat bubuk, maizena, susu bubuk. Ada coklat pasta di depan & ayakan di belakang bahan2.
Bahan isi: whipped cream, air es & WCC cair.. dikocok, ditambah potongan biskuit.
Langkah kedua, Proses pembuatan

Bahan 1 dikocok sampai putih mengembang, masukkan bahan 2 bergantian, tepung2an sambil diayak. Sesudah diaduk rata, tuang ke loyang. Siap dioven..

Yang ketiga.. hasilnya:

1. Fresh from the oven..
2. Isi
3. Sesudah diberi isi (filling).
4. Ini dia hasil akhirnya..

4. Dan ini penampakan sesudah dipotong..
Kata anak2, enak bangeet... alhamdulillah..
Ini nih, si abank.. sebelum makan cakenya foto dulu ya bank..

..SELAMAT IDUL FITRI.. MINAL AIDIN WAL FAIDZIN.. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN..
Sampai jumpa di tantangan KBB berikutnya..


2 comments:

Unknown said...

si kakak kelihatan hepi banget tuh dapet cake oreo cream qiqiqiq bagi dong kaaaaaaaakkk...!

Anonymous said...

Wuih, aku mau dong oreo cakenya sama parcel yg dibelakang kakak :)