Monday, March 30, 2009

KBB # 10 : Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks


Nggak kerasa KBB udah masuk tantangan ke 10.. Kali ini tantangannya bikin shortbread stick & caramel pots. Seru.. namanya juga tantangan, selalu menarik dan tertantang untuk mencoba. Ada kepuasan tersendiri kalo udah berhasil menaklukkan setiap tantangan yang kita terima.
Host untuk tantangan ini adalah bumil yang sekarang tinggal di Kuwait sana.. Dita, dan yang nggak bumil.. Lina.

Yang pertama dikerjakan adalah bikin Minted shortbread sticks.
Siapin bahannya. Alhamdulillah berhasil nemu Vanilla Stick di Kijang Mas. Biji2 vanili ini memberi efek bintik-bintik hitam yang cantik. Sayang nggak nemu daun mint, jadinya pake essence mint. Baunya tetep semriwing koq.. cuma jadi nggak ada warna ijonya..
Prosesnya nggak susah, semua bahan tinggal dicampur dan diaduk rata. Digiling setebal 1 cm. Simpan dulu di kulkas biar nggak terlalu lembek. Potong2 2x8cm. Yang ini agak panjang sedikit karena lebar papan giling 17 cm, jadi ukurannya 2x8.5cm. Susun di loyang yang dialasi baking paper. Oven sampai matang. Sesudah 30 menit aku keluarin loyang, ternyata masih pucat. Dioven beberapa menit lagi sampe warnanya agak kecoklatan.

Yang kedua, bikin caramel pots.
Bikin caramelnya nggak masalah. Masak gula & air dengan api keciil.. Cream & susu dicampur, dihangatkan, masukkan ke dalam caramel. Kocok kuning telur, pancing dulu dengan campuran caramel susu, lalu tuang caramelnya. Aduk rata. Tuang ke dalam ramekin.. Berhubung nggak punya ramekin, aku pake cetakan aluminium foil. Tuang caramelnya. Jadi 9 buah. Panggang dalam waterbath sampai set. Aku ngoven selama lebih dari 30 menit. Angkat, dinginkan. Simpan dalam lemari es.

***foto2 step by stepnya menyusul ya, belum sempat diedit..****

Hasilnya, hmmm... enaak. Shortbread yang crunchy dipadu dengan lembutnya caramel.. mantap deh. Dan, yang pasti.. anak2 suka! Shortbreadnya suka, caramelnya juga suka.

Alhamdulillah selesai juga tantangan kali ini, meskipun pake ngelembur2 nggak masalah demi KBB. Cuma sayang foto2nya kurang bagus hasilnya karena kebanyakan diambil pada malam hari.

Maaf mepet ya mods.
Sampai jumpa tantangan berikutnya.
Info lengkap tentang tantangan ini, silahkan meluncur kesini.


Terima kasih KBB...
Sampai ketemu lagi di KBB #11 ya..

4 comments:

Kedai Rachmah said...

Karamelnya emang nggak nahaan, lembut ya

Tantangan kali ini berjalan mulus ya mbak' Siip dah !

~Atiek~ said...

@ Rachmah: Iya, lembut bangeet..
Mulus sih, tapi tetep aja mepet.. hehe.. Makasih udah mampir kesini ya buuu...

Klub Berani Baking said...

kalo bisa sih aku suka banget makan caramel potsnya, tp berhubung ga lulus muscle test yaaaa kumaha atuh? ya sutra. well done ya!

~arfi

~Atiek~ said...

Buat aku aja Fi... dijamin langsung ludes deh.. hehe..
Anak2 juga suka banget sama caramel potsnya.. dimakan gitu aja, tanpa shortbreadnya.
Makasih ya Fi udah mampir..